PENTINGNYA PELESTARIAN ADAT

Hendrik Sutopo 13 Juli 2017 10:34:25 WIB

Karangmojo (SIDA), Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul mengadakan Sarasehan dan Pelatihan Adat dan Tradisi yang diadakan di Pendopo Kecamatan Karangmojo. Acara tersebut diikuti oleh 2 Kecamatan yaitu, kecamatan Karangmojo dan Kecamatan Ponjong. Dalam acara tersebut  Kepala Dinas Kabudayaan yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas menyampaikan pentingnya pelestarian adat sebagai simbul keistimewaan warisan leluhur yang harus dijaga kelestariannya, Salah satunya tradisi Genduri.

Adat dan tradisi di masing-masing daerah mempunyai banyak perbedaan, oleh karena itu kita wajib menghargai dan menghormatinya. Toleransi ini yang harus kita tanamkan selalu supaya tidak terjadi keresahan masyarakat. Jikapun terjadi perdebatan adat tradisi dan agama, maka keduanya tidak boleh dikait-kaitkan. Kita sebagai masyarakat harus pandai memahami dan menelaah sebuah permasalahan dahulu sebelum mengambil keputusan akhir.

Adat tradisi merupakan alat pemersatu bangsa, seperti halnya dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika” (berbeda-beda tetap satu jua). Dapat menghargai dan menghormati adat tradisi dari masing-masing daerah adalah kunci bangsa untuk hidup rukun berdampingan (Hndry)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H