PENGAJIAN TASYAKURAN SAWIT MANUNGGAL

Hendrik Sutopo 02 Agustus 2017 23:47:44 WIB

Gombang (SIDA), Dalam rangka memeriahkan acara bersih dusun padukuhan Sawit Lor dan Sawit Kidul pada Jumat malam sabtu (28/7) dilaksanakan Mujahadah dan Pengajian Akbar dengan mengundang seluruh padukuhan di Desa Gombang dan juga dihadiri oleh jamaah dari padukuhan Dengok Desa Pucanganom Kecamatan Rongkop. Acara yang dimulai sehabis ba’da isya’ itu disambut antusias jamaah yang dimulai dengan Mujahadah terlebih dahulu yang dipimpin oleh Bapak Amino.  Setelah mujahadah selesai barulah acara inti pengajian yang di sampaikan oleh KH. BARDAN USMAN.

Dalam tausyiyahnya beliau menyampaikan bahwa budaya dengan islam tidak dapat dipisahkan karena masuknya islam di Indonesia khususnya tanah Jawa yang dibawa oleh wali songgo tidak bertentangan dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Dengan budaya dan Islam yang saling beriringan maka Islam di Jawa dapat diterima. Oleh karena itu dengan Rasulan berarti mencerminkan Islam yang selalu berdampingan dengan budaya, dan dengan kita mempertahankan adat istiadat (Rasulan) berarti kita mempertahankan Islam. Dengan Rasulan berarti kita juga Tasyakuran dan bershodaqoh kepada sesama manusia.

Semoga dengan kegiatan tasyakuran bersih dusun yang disi dengan pengajian dapat meningkatkan ilmu agama kita dan rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. (hnd)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H