TRADISI AHLUS-SUNNAH WAL JAMA'AH

Hendrik Sutopo 04 Agustus 2017 00:05:24 WIB

Gombang (SIDA) Kamis malam jum’at (03/08/17) jamaah amaliyah padukuhan Gombang mengadakan pengajian rutinan malam jum’at yang diadakan di salah satu rumah warga, dalam acara pengajian tersebut juga bertepatan dengan Khaul yang ke-2 yang diisi dengan Yasin, Dzikir, Tahlil. Acara yang dimulai pada pukul 19.30 s/d selesai tersebut dihadiri oleh tokoh agama masyarakat jamaah amaliyah.

Acara yang diisi dengan Yasin, Dzikir Tahlil tersebut di pimpin oleh HERI KUSWANTO, beliau juga menyampaikan tentang Tasyakur dan mengirim doa kepada arwah leluhur yang telah meninggal. Dengan kita mau berkumpul untuk suatu hal yang baik (mengaji) berarti pahala buat kita, karena dalam Hadits Imam Abi Dzarr “Mendatangi majelis nasehat yang baik adalah lebih utama daripada sholat sunnah 1000 rakaat, melayat 1000 orang mati syahid dan menjenguk orang sakit”. Karena begitu besar pahala orang yang mau berkumpul untuk mengaji maka betapa ruginya kita jika tidak mau untuk mengikutinya. Dengan kita mau Yasinan, Dzikir, Tahlil berarti kita itu ibarat menabung pasti besok menuai hasilnya (sopo nandur bakal ngunduh, sopo gawe bakal nganggo) tetapi jika kita tidak mau berkumpul untuk yasinan/dzikir tahlil maka kita tidak akan menuai hasilnya ibarat gentong yang tidk ada isinya.

Beliau juga menyampaikan Pahala silturahim/berkumpul dalam satu majelis antara lain :

Antar sesama muslim, tersimpan pahala akhlak karimah bagi yang melaksanakan dan mengirim doa kepada para arwah. Ada pahala birrul walidain, bagi yang mengirim doa. Ada pahala bersedekah bagi yang berketempatan (tempat berkumpul). Ada pahala tasyakur kepada Allah SWT, karena tidak cukup diucapkan tetapi harus di implementasikan melaui shodaqoh, bersyukur apa yang telah diberikan Allah SWT. Terdapat contoh untuk generasi muda menanamkan cinta kepada Allah dan Rasulnya, karena dengan melihat apa yang dilakukan orangtua sehingga anak tersebut dapat mengikuti amalan orang tuanya. Ada pahala bermuajahah (tatap muka) musyafakah (bersalaman) musyawaroh untuk mencapai mufakat, karena semua kegiatan harus melalui musyawarah apalagi ini tentang berdakwah kepada Allah. Menghilangkan iri dengki penyakit dalam hati. Dan semua itu merupakan ciri khas kaum Nahdiyin yang berfaham Ahlus-Sunnah Wal Jama'ah.

Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah ilmu kita tentang pengetahuan agama, isiqomah dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. (hnd)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H