Meriahnya Malam Tirakatan HUT RI

Hendrik Sutopo 18 Agustus 2017 10:25:47 WIB

Gombang (SIDA), Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, semalam warga Desa Gombang Kecamatan Ponjong mengadakan malam tirakatan yang bertempat di Balai Padukuhan Masing-masing. Tradisi malam tirakatan biasanya dilakukan oleh warga Indonesia untuk menyongsong 17 Agustus, mulai dari pelosok daerah sampai kota besar. Acara yang disuguhkan beraneka ragam, ada yang berupa hiburan dzikir dan do’a, genduri dan lain sebagainya.

Makna dari malam tirakatan sendiri adalah pencarian nilai-nilai kebenaran, dalam hal ini mencari nilai tentang spirit perjuangan para pendahulu untuk kemerdekaan Indonesia. Spirit itulah yang harus ada dihati warga Indonesia, bukan hanya saat hari kemerdekaan tetapi harus ada selamanya.

Dalam menjaga spirit tersebut padukuhan Gombang mengisi malam tirakatan dengan pembagian hadiah untuk lomba-lomba yang telah terlaksana sebelumnya yaitu berupa kambing bagi juara pertama. Kemudian dilanjutkan pemutaran film “Janur Kuning” tentang perjuangan penyerangan umum 1 maret. Antusias warga sangat tinggi untuk mengikuti acara sampai selesai.

Berbeda dengan padukuhan pakrandu yang mengisi malam tirakatan dengan gamelan biasa disebut klenengan dan kerawitan sampai pagi tiba. Sedangkan dipadukuhan kebowan mengadakan genduri dan terbangan (sholawatan)/sholawat Nabi. (hnd)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H