Meriahnya Rasulan Ngrejek Manunggal

Hendrik Sutopo 29 Agustus 2017 11:31:59 WIB

Gombang (SIDA), Padukuhan Ngrejek Desa Gombang Minggu 27/08/2017 mengadakan rasulan bersih dusun. Rasulan yang disajikan oleh masyarakat padukuhan ngrejek ini, disi dengan berbagai macam kegiatan baik volly ball, seni tari, gunungan, reog dan puncaknya wayang kulit dengan dalang Ki Pujiyanto dari Jatisari, Sawahan.

Dalam sambutannya ketua panitia bersih dusun ngrejek manunggal mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena acara dapat berjalan dengan tertib dan aman. Panitia juga menyampaikan selamat datang kepada tamu undangan se Desa Gombang, Muspika Kecamatan Ponjong, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dan dalang serombongan. Panitia juga mohon doa restu, mudah2an padukuhan Ngrejek manunggal diberikan ketentraman dan keamanan.

Dari Pemerintah Desa Gombang yang diwakili oleh Kasi Pelayanan Suhartanto juga menyampaikan banyak terima kasih karena semua masyarakat khususnya ngrejek manunggal karena dapat melaksanakan bersih dusun sehingga tahun ini dapat mengadakan tasyakuran. Pemerintah Desa sangat senang dengan diadakanya wayang kulit yang merupakan peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan dan dijaga. Beliau juga menambahkan dengan diadakanya tasyakuran ini mudah2n masyarakat diberikan rezeki yang halal dan lancar.

Dari Muspika Kecamatan yang diwakili trantib bapak Gandung juga menyampaikan mudah2an dengan bersih dusun dapat berdampak positif bagi masyarakat “gemah lipah loh jinawi” dan dampak positif ke semua bidang pembangunan. Wayang kulit selain sebagai hiburan tontonan juga tuntunan bagi kita.

Dari Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Bapak Suparjo, S.IP selaku anggota DPRD juga menyampaikan seni wayang kulit yang merupakan kejarsama dengan Dinas Pariwisata. Bahwa seni tradisional wayang kulit harus diuri-uri agar tidak punah karena Dinas Kebudayaan sangat mendukung dengan kegiatan tradisional. Dinas kebudayaan juga mengajak semua warga masyarakat menjaga kekompakan dan kerukunan, karena kalau semua rukun pasti akan mudah mengadakan kegiatan semacam ini. Beliau menambahkan kebudayaan mohon ditingkatkan, yang kedua kekompakan mohon dijaga, dan yang ketiga NKRI harus dijaga keutuhanya. (hnd)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H