Genduri Merti Dusun

Hendrik Sutopo 07 September 2017 19:25:34 WIB

Gombang (SIDA) Rabu Wage (6/9/2017) di Padukuhan Gombang Desa Gombang mengadakan genduri berupa ingkung, acara di mulai pukul 13.00 WIB bertempat di Balai Padukuhan Gombang. Acara tersebut dalam rangka merti dusun Padukuhan Gombang, ini merupakan agenda rutin setiap tahun sekali yang sebelumnya dusun lain di Desa Gombang sudah melaksanakan acara tersebut. Sama di Padukuhan yang sebelumnya merti dusun merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat di bumi Desa Gombang.

Genduri diikuti seluruh warga Padukuhan Gombang beserta perangkat desa ini berjalan lancar. Meskipun tidak ada ramai-ramai seperti pentas jathilan, wayang kulit dan lain sebagainya. Namun masyarakat antusias untuk mengikuti acara genduri. Karena bagi warga bukan hiburannya tetapi yang terpenting adalah doa bagi ketentraman, sejahtera dan aman sentosa di Padukuhan Gombang khususnya dan Desa Gombang umumnya.

Menurut salah satu sesepuh Padukuhan Gombang , Simbah Harjito mengungkapkan bahwa acara merti dusun sendiri merupakan sedekah warga dan rasa syukur warga untuk panen satu tahun ini. Juga sebagai tradisi yang harus terus dilestarikan agar tidak punah. Sehingga generasi anak cucu kita nanti dapat mewarisinya. Harapan ini selalu Mbah Harjito ungkapan dalam acara seperti ini. Genduri pun ditutup dengan doa dan makan bersama. (hnd)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H