Gunakan Lima Waktu Sebelum Datang Lima Waktu

Hendrik Sutopo 02 Oktober 2017 21:55:34 WIB

Gombang (SIDA) Sabtu Malam Minggu  30/9/2017 Masjid Baiturrohman Padukuhan Kebowan kidul, Desa Gombang, Ponjong, Gunungkidul mengadakan Pengajian rutin Desa. Pengajian dihadiri oleh Perangkat Desa dan seluruh warga Desa Gombang. Dengan pembicara Bapak Abdul Jalal dari Padukuhan Sawit Lor, Gombang, Ponjong, Gunungkidul. Pengajian berlangsung lancar. Dalam Pengajian tersebut Bapak Abdul Jalal memberikan beberapa tausiah yaitu ;

Dari ibnu Abas r.a. berkata rasulullah saw, bersabda: “memanfaatkan lima keadaan sebelum datangnya lima ;

 

[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.”

Penjelasan  yang pertama bahwa kita sebagai manusia harus banyak mengingat Allah SWT setiap saat. Dengan selalu mengingat Allah SWT kita akan senantiasa berhati-hati dan berfikir sebelum bertindak, karena sesungguhnya segala perilaku yang kita lakukan tidak lepas dari pengawasan-Nya. Oleh karena itu gunakan waktu muda kita dengan sebaik mungkin perbanyak ibadah berbuat baik, mencari amal sholeh sebelum datang masa tua kita. Kedua Sehat itu mahal harganya, maka lebih baik mencegah daripada mengobati. Mumpung masih sehat kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangan sampai karena sakit kita melalaikan ibadah. Ketiga ketika kaya gunakan harta untuk bershodaqoh/membelanjakan harta dijalan Allah SWT, jangan sampai harya membutakan kehidupan dunia sehingga lalai kehidupan akhirat.  Shodaqoh merupakan amal jariyah untuk bekal di akhirat nanti. Ke empat agar kita menggunakan waktu longgar kita dengan hal yang bermanfaat, sebelum waktu habis, sebagai manusia kita harus pintar menggunakan kesempatan yang ada selagi masih hidup. Waktu ibarat pedang, barangsiapa tidak pandai menggunakannya maka dapat menemui celaka dalam hidupnya.

Yang terakhir gunakan waktu sebaik mungkin selagi masih diberi umur panjang, kesempatan dan sebelum ajal menjemput gunakan untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat, menuntut ilmu itu sepanjang hayat tidak mengenal usia. Menuntut ilmu yang terpenting harus dengan para alim ulama/Para Kyai yang jelas silsilahnya. (Ngaji iku penting Ojo seng penting ngaji) ketika manusia meninggal akan terputus semua amal, harta ditinggal, keluarga ditinggal, Jabatan tidak dibawa, kecuali 3 perkara yang tidak akan pernah putus yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat serta doa anak yang sholeh / sholehah. (hnd)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H