REMBUK STUNTING KALURAHAN GOMBANG

Hendrik Sutopo 16 Juli 2020 23:27:49 WIB

Gombang (SIDA), dalam rangka upaya penanganan dan pencegahan stunting di Kalurahan Gombang Kapanewon Ponjong, Kamis 16 Juli 2020 Pemerintah Kalurahan Gombang menyelenggarakan kegiatan rembuk stanting di aula Balai Kalurahan Gombang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah, BPKal, Pendamping kalurahan, dan Kader Kesehatan Kalurahan.

Dalam rangka pencegahan Covid-19 peserta rapat juga mengunakan masker dan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. Acara dibuka sendiri oleh Kamituwa Kalurahan Gombang. SUPRIYANTO Selaku Lurah Kalurahan Gombang Dalam sambutannya menyampaikan stunting juga akan dibahas dalam MUSKAL RKPKAL 2021 pada hari selasa 21 Juli 2020 nanti. Dikalurahan Gombang sendiri terdapat 11 kasus  Balita stunting dan tentu ini menjadi perhatian kita bersama.

Stunting adalah kondisi dimana gagal tumbuh kembang pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya, akibat terburuknya adalah perkembangandan pertumbuhan otak anak sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara sosial yang bisa mempengaruhi produktivitas anak pada masa depan.

Ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah Kalurahan Gombang dalam mengurangi angka stunting yakni Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Gizi Sensitif . Intervensi Gizi Spesifik diantarannya PMT anak, TTD, Garam Beryodium, Asi Eksklusif, dan cuci tangan yang benar. Sedangkan Intervensi Gizi Sensitif ialah ketahanan pangan, akses air bersih dan sanitasi pendidikan kesehatan, Salah satunya dengan menanam sayur dipekarangan rumah.

Semoga kedepanya di Kalurahan Gombang balita penderita stunting berkurang dan Gombang sehat dan bebas dari stunting.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H