Sosialisasi PERDA Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Hendrik Sutopo 29 Juni 2022 15:01:43 WIB

Gombang (SIDA), Selasa 28 Juni 2022 Pemerintah Kapanewon Ponjong, Dinas Lingkungan Hidup dan Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul Fraksi PKB Ibu Suhartini mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga yang

bertempat di Balai Padukuhan Gombang, Kalurahan Ponjong, Kapanewon Ponjong. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Panewu Ponjong, Pamong Kalurahan Gombang, tokoh masyarakat, lembaga kalurahan dan wakil perempuan.

Dwiyani sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup mengungkapkan bahwa Kabupaten Gunungkidul hanya memiliki 14 armada pengangkut sampah. Sehingga untuk melayani 144 desa se-Kabupaten Gunungkidul ini sangat kewalahan bahkan kurang maksimal. Bahkan untuk pengangkutan sampah di daerah pantai saja, Dinas Lingkungan Hidup hanya dapat melayani 7 titik lokasi dari 15 pantai yang ada. Maka harus ada pengelolaan sampah secara mandiri di setiap desa yang dikelola oleh lembaga.

Dimana nanti setiap RT akan ada pengurus yang mengelola sampah untuk dijadikan nilai ekonomis.

Ibu Suhartini dari komosi B fraksi PKB menyampaikan bahwa masalah sampah memang menjadi permasalahan khususnya di kabupaten Gunungkidul, beliau juga siap menjembatani masyarakat dalam hal bank sampah yaitu dengan pelatihan-pelatihan mendaur ulang sampah agar dapat dapat dipilah dan dikumpulkan pada suatu tempat yang disebut bank sampah, sampah akan di daur ulang dan dijadikan kerajinan oleh pengrajin. Inilah yang disebut nilai ekonomis, dengan begitu masyarakat akan mendapatkan beberapa keuntungan. Selain lingkungan bersih juga dapat menghasilkan pundi-pundi, ini dapat dijadikan salah satu mata pencaharian bagi masyarakat di Dusun Gombang. Karena masih banyak masyarakat yang kurang paham tentang bank sampah, maka perlu adanya pemahaman bagi masyarakat tentang bank sampah terutama untuk masyarakat dusun Gombang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H