Pelaksanaan Qurban Desa Gombang 1440 H

Hendrik Sutopo 12 Agustus 2019 14:23:03 WIB

Gombang (SIDA) Minggu,11/8/2019 Seluruh umat Islam di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H, mulai pukul  07.00 WIB sholat Id dilaksanakan disetiap penjuru daerah secara serentak. Hari raya Idul Adha merupakan salah satu Hari Besar Umat Islam yang jatuh di bulan Dzulhijjah kalender Islam dan pada hari itu juga dilaksanakan penyembelihan hewan qurban. Qurban adalah peristiwa menyembelih binatang ternak pada zaman Nabi Ibrahim AS, yang pada saat itu di bulan Dzulhijjah mendapat perintah dari Allah SWT  melalui mimpi untuk mempersembahkan putranya yang bernama Ismail. Saat itu pula Nabi Ibrahim AS menceritakan semua mimpinya kepada  putranya, dengan kerelaan karena itu merupakan perintah dari Allah maka Ismail menyerahkan dirinya untuk disembelih oleh ayahnya. Namun keajaiban terjadi karena Nabi Ibrahim AS dan Ismail mematuhi perintah Allah SWT maka  ketika Ismail akan disembelih Allah SWT menggantinya dengan seekor domba. Domba tersebut milik Habil putra Nabi Adam AS, Allah telah memerintahkan Habil dan Qabil untuk memberikan kurban terbaiknya.

Untuk melaksanakan salah satu perintah Allah SWT di Desa Gombang juga melaksanakan qurban setelah sholat Idul Adha selesai, penyembelihan hewan qurban dimulai pukul 08.00 WIB. Jumlah hewan qurban yang disembelih 7 ekor sapi dan 69 ekor kambing, dengan rincian; Padukuhan Gombang 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing, Padukuhan Sawit lor, Sawit Kidul 2 ekor sapi dan 9 ekor kambing, Padukuhan Ngrejek wetan, ngrejek kulon 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing, Padukuhan Kebowan lor 2 ekor sapi dan 7 ekor kambing, kebowan kidul 10 ekor kambing, Padukuhan pakrandu 20 ekor kambing, dan padukuhan ketonggo 9 ekor kambing. Semua warga masyarakat sangat antusias dalam pembelihan hewan qurban. Daging qurban kemudian dibagikan ke seluruh warga masyarakat sekitar bahkan ada yang keluar Desa.

Qurban ini sebagai simbol atas ketaatan dan ketaqwaan kita terhadap perintah Allah SWT. semoga semangat qurban dan berbagi selalu ada supaya tambah taqwa kita kepada Allah SWT. aamiin (hendry)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Selamat Hari Batik Nasional

Sumber : Google.com

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H